Pamsimas Kolaka Utara, Serap Dana APBN 2 M Lebih.


Mahmuddin, S.T

Kolut, GlobalTerkini.com-Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( Pamsimas) bertujuan untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan, khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota (peri-urban).

Sehubungan dengan itu, Kabupaten Kolaka Utara, Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapat alokasi dana APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) senilai lebih kurang Rp 2 miliar lebih untuk pengadaan Pamsimas 12 item pekerjaan. Mading-masing di kecamatan Ngapa, kecamatan Tolala, kecamatan Lambai dan kecamatan Lasusua.

Keterangan yang di peroleh dari Dinas Pekerjaan Umum melalui kepala Seksi air minum dan prasarana lingkungan permukiman (PLP), Mahmuddin, ST menuturkan jika progres kegiatan secara umum sudah mencapai 50%.

"Kegiatan ini harus rampung hingga Desember mendatang. Mengenai estimasi anggaran itu pluktuatif, tergantung dari item pekerjaan. Sebab ada beberapa jenis seperti sanitasi dan perpipaan. Namun secara komulatif, per item kegiatan itu rata ratanya Rp. 245.000.000" kata Mahmuddin, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Salah satu item kegiatan Pamsimas ini juga ada di Desa Koreiha, kecamatan Ngapa. Menurut keterangan Sekretaris Desa Koreiha, Alias, S.Sos yang di konfirmasi via telepon selulurnya mengatakan jika progres kegiatan untuk Desa Koreiha sudah mencapai 70%.

"Memang kita star lebih awal untuk mempercepat kegiatan tersebut. Jika melihat progres pekerjaan, mungkin desa Koreiha yang paling cepat. Kita juga jadwalkan agar pekerjaan rampung di bulan Nopember atau msksimal awal Desember" tutup Alias.

Penulis : Asri Romansa
Komentar

Berita Terkini