Target Akses Aman Air Minum 2019, PDAM Kolaka Utara Jemput Program


Illustrasi

Kolut, GlobalTerkini.com-Perluasan cakupan pelayanan air minum untuk mencapai target akses aman air minum 100 persen pada tahun 2019, membutuhkan partisipasi pihak badan  usaha. Salah satu PDAM yang sudah siap melakukan transaksi kerja Pemerintah pusat untuk mewujudkan 10 juta sambungan rumah (SR), yaitu PDAM Tirta Tampanama Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara ( Sultra). 
Ditemui disela-sela kunjungan kerjanya di Kecamatan Ngapa, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Tampanama, Jumadi, S.Sos menyatakan kesiapannya untuk menjemput program tersebut. "Kolaka Utara tidak boleh gagal mewujudkan program ini. Oleh karenanya, dibutuhkan sinergitas dan kerjasama yang baik antara pihak eksekutif, legislatif dan pihak perusahaan daerah untuk bahu membahu mewujudkannya" ujar Jumadi, Senin (16/10/2017).

Dikatakan, alokasi anggaran senilai 5 miliar melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sangat besar nilainya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pembenahan sarana prasarana serta sambungan rumah (SR) secara gratis bagi masyarakat Kolaka Utara. Apa lagi ketersediaan air bersih kita sangat memungkinkan, pasti bisa kita wujudkan program tersebut. Katanya

Persoalannya sekarang, kata mantan anggota DPRD Kolaka Utara ini, kita harus persiapkan prasarat yang di ajukan pusat. Yaitu, Perda Penyertaan anggaran, kesiapan Bupati serta kesanggupan DPRD. Jika itu sudah terpenuhi, sebelum tanggal 26 bulan ini, saya akan berangkat untuk menghadiri work shoop di Jakarta.

"Jika Kolaka Utara berhasil mendapatkan bantuan tersebut, maka masyarakat kolaka utara akan menikmati pemasangan SR secara gratis di tahun 2018. Dan saya akan berbuat semaksimal mungkin, karena ini adalah periode akhir masa jabatan saya. Semoga saya mampu memberikan yang lebih baik lagi untuk Kolaka Utara" terang Jumadi.

Untuk diketahui, terkait program ini, Pemerintah Pusat telah merealisasikan Program Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), melalui dana hibah APBN 2017/2018. Dan Pamsimas Kolaka Utara, dipastikan rampung di akhir Desember mendatang.

Penulis : Asri Romansa
Komentar

Berita Terkini