Diharuskan Bayar Administrasi 3,8 juta, Orang Tua Siswa SMAN 1 Banyumas Mengeluh


LAMPUNG,GLOBALTERKINI.COM- Sejumlah orang tua siswa SMAN 1 Banyumas, Desa (Pekon) Sriwungu, Kecamatan Banyumas, Pringsewu, Lampung, mengeluh terkait biaya administrasi yang sangat tinggi harus dibayar ke pihak sekolah.

Salah satu orang tua siswa, Ahmad Abdullah yang anaknya kini duduk di bangku kelas XI mengatakan,

"Saya bingung, katanya pemerintah telah mem programkan pendidikan gratis, tapi kenapa di sekolah SMAN 1 Banyumas semuanya masih bayar..?? Saya juga kaget saat dapat surat pemberitauan dari Kepala Sekolah yang dibawa anak saya, sebanyak Rp.3.850.000 harus dibayar untuk biaya administrasi selama setahun" Ujarnya  sambil menunjukkan surat pemberitahuan bernomor: 423/095/KOM/BM/2018.

Anehnya lagi, masih kata Ahmad, untuk uang fisik yang dulunya hanya dibayar Rp 500.000 kini tiba-tiba naik hingga Rp 1.500.000 pada 2018 tanpa musyawarah sama sekali.

Hal itupun dibenarkan orang tua murid lainnya yang juga bernasib sama, ia menjelaskan, anaknya saat ini masih duduk di kelas X dan kesulitan membayar biaya admistrasi tersebut yang tergolong cukup besar.

"Padahal katanya sekolah Negeri bayarnya gak mahal karena ada dana BOS dari pemerintah, tapi kok masih minta bayaran yang tinggi, ini sama aja dengan sekolah swasta" Ungkap Ibu 5 orang anak yang namanya enggan dipublikasikan.

"Mungkin wali murid yang mampu tak keberatan, tapi bagi kami yang ekonominya pas pasan pasti merasa berat, untuk bayaran sekolah sebesar itu" Tambahnya.

Sementara kepala sekolah SMAN 1 Banyumas Dra. Tri Harwati hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi.


Laporan: Iskandar Syahri (Tim)
Editor   : Indra Mahendra
Komentar

Berita Terkini