JOIN Himbau Wartawan Menjaga Independensi Dalam Pilkada



MAKASSAR, GLOBAL TERKINI.COM | Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota 2018, JOIN berharap agar wartawan (i) tetap menjaga independensi pemberitaan. 

Hal tersebut disampaikan  Ketua JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi pada Temu Wicara Netralitas Media di Pilkada 2018 di Maxhotel Rabu (28/3).

Independen dimaksudkan, kata Rifai, seorang jurnalis tidak boleh di manfaatkan dan di intervensi oleh siapa pun, termasuk pemilik usaha media, dalam menghadirkan pemberitaan.

"Jika ada pemilik usaha yang mengintervensi maka segera tinggalkan dan mencarilah serta bekerjalah di media yang independen," ujar Rifai.

Diakui oleh Rifai, masih banyak media yang tidak netral memberitakan saat moment pesta demokrasi. Namun, sikap Jurnalis Online Indonesia (JOIN) akan tetap menjaga netralitas dan independensinya. Sebab sikap netral dan Independen, hakikatnya adalah memperjuangkan kebenaran dan kepentingan publik. Kata Rifai.

Rifai juga berharap kepada pemilik media untuk taat aturan dengan mengikuti regulasi KPU soal pemasangan iklan. "Jangan karena memburu     keuntungan justeru merugikan kandidat," ujarnya. Pemasangan iklan sesui regulasi, baru bisa terpasang 14 hari sebelum hari H.  Jika dilakukan sebelumnya bisa di diskualifikasi," pungkas Rifai.

Kontributot : Andi Trisna
Komentar

Berita Terkini