Longsor di Tellu Limpoe Menutup Sejumlah Ruas Jalan




Bone, GLOBAL TERKINI. COM - Bencana Longsor terjadi di Desa Sadar, Kecamatan Tellu limpoe, Kabupaten Bone. Longsor yang terjadi kemarin, 22 Maret 2018, menutup sejumlah ruas jalan poros yang menghungkan Desa Sadar dengan beberapa Desa lainnya. Dari hadil pantauan sumber menyebut terdapat delapan titik longsor. Terdiri dari dua titik longsor masuk dalam wilayah Kabupaten Barru dan enam longsor di Desa Sadar Kabupaten Bone.

Jenis longsor yg terjadi kali ini adalah jenis “Debris and Rock Slide” atau aliran lumpur dan batu. Longsor terjadi akibat intensitas curah hujan yg sangat tinggi. Kondisi tanah dan batuan yang tidak massif pada kemiringan lereng yang terjal, merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan longsor sangat tinggi. 

Ke enam titik longsor yang menutup bahu jalan poros menuju desa Sadar, sejak kemarin hingga siang tadi, Jumat (23/3) masih terus dilakukan penggusuran material longsor untuk membuka akses jalan dengan menggunakan excavator. Tim survey dan perencana Dinas Pekerjaan Umum (PU), bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone, telah melakukan penanganan lanjutan terhadap enam titik longsor tersebut. 

Beruntung dalam peristiwa longsor ini, tidak menelan korban jiwa atau korban luka. Demikian pula tidak ditemukan adanya kerusakan rumah warga. Kendati demikian, Pemerintah sudah mengeluarkan peringatan agar warga tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor susulan. 

Untuk menghindari terjadinya korban jika terjadi longsor susulan, warga dihimbau agar menghindar dan tidak bermukim disekitar area longsor. Hingga saat ini, akses jalan sudah dapat dilalui. Meski sejumlah alat berat masih standbay dilokasi tersebut. 

Kontributor : Andi Trisna
Editor          : Asri Romansa
Komentar

Berita Terkini