Sigapnya Polisi Ini Tolong Korban Kecelakaan Diapresiasi Warga


BONE,GLOBALTERKINI.COM- Insiden kecelakaan terjadi di perempatan Jl Sukawati-KH Ramli, melibatkan dua sepeda motor, Yamaha Mio DW 3744 AH dikendarai pelajar SMP Fadillah (15) warga Jl sungai kapuas dan Yamaha Mio J, DW 6976 FN dikendarai Krismiano (33) warga Jl tanggul Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan.

Kedua pengendara tersebut, masing-masing, Fadillah mengalami luka lecet di telapak tangan, hidung dan lutut kiri serta sakit pada punggung, sedang Krismiano  
Mengalami luka terbuka pada ibu jari kaki kanan dan sakit pada pundak kanan.

Saat kejadian, beruntung salah seorang anggota Polri dari Sat Lantas Polres Bone, Brigpol Isra Afandi sedang melaksanakan pengamanan ujian Nasional di salah satu sekolah tak jauh dari lokasi, melihat kejadian tersebut, Brigpol Isra pun dengan sigap membantu dan memberikan pertolongan pertama pada korban.

Hal itupun mengundang apresiasi pengendara dan warga sekitar yang menyaksikan kejadian tersebut.

"Tindakan anggota Polantas itu luar biasa, selain membantu dan menolong korban, juga memberikan pemahaman kepada kami, tentang bagaimana penanganan kecelakaan yang benar, karena ternyata jika pertolongan pertama kurang tepat, itu dapat merugikan korban dan menyulitkan proses penyidikan pihak kepolisian" Ujar Amir warga setempat.

Kanit Turjawali Lantas Polres Bone, Ipda Dodie Ramaputra menuturkan, kejadian bermula ketika sepeda motor yang kendarai Krismiano bergerak dari arah barat ke timur, tiba-tiba dari arah utara ke selatan, muncul sepeda motor yang dikendarai fadillah, tak dapat menguasai laju kendaraannya  kecelakaan lalu lintas pun tak terhindarkan.

"Salah satu pengendara tergolong anak di bawah umur yang sebenarnya belum diperbolehkan membawa kendaraan, itu salah satu penyebabnya. Karenanya kami mengimbau agar para orang tua tak sembarangan memberi kendaraan pada anaknya jika belum memenuhi syarat, sebab akibatnya bisa sangat fatal" Kata Ipda Dodie, Rabu 11 April 2018.

Ipda Dodie pun memberitahu lima tahapan yang dapat dilakukan masyarakat jika menemukan kejadian kecelakaan, berikut tahapannya:

1) Menolong Korban dan memberikan tanda letak korban sebelum dipindahkan.

2) Memperhatikan kondisi korban dengan memberikan tindakan yang tepat.

3) Menghubungi pihak Rumah Sakit atau diupayakan membawa ke Rumah Sakit untuk mendapat pertolongan medis secara profesional.

4) Menghubungi pihak Kepolisian.

5) Membantu Kepolisian dengan memberikan keterangan kronologis kajadian atau saksi kejadian.

Penulis: Indra Mahendra
Komentar

Berita Terkini