FORUM PAUD SERGAI GELAR RAKER 2018


Sergai, Global Terkini - Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Serdang Bedagai, gelar rapat kerja (Raker) untuk mengevaluasi program-program yang telah dilaksanakan selama ini, serta bagaimana progres pendidikan PAUD di masyarakat. 

Kegiatan yang digelar kamis kemarin (19/7/2018) di aula Sultan Serdang kompleks kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, dihadiri oleh Bunda PAUD Kabupaten Sergai, Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI, Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP drg. Khairani Hadi Winarno, Kepala dinas PPAKB, Hj. Irwani Jamilah, SH, Plt. Kabid PLS Pendidikan, Murni Nainggolan, Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Sergai, dan seluruh jajaran Pengurus Forum PAUD Sergai.  

Selain itu, raker ini juga untuk mengevaluasi permasalahan kelompok PAUD yang ada di Kabupaten Sergai, sehingga nantinya Pemerintah Daerah dapat mengambil kebijakan untuk mengembangkan PAUD agar lebih baik lagi.

Diharapkan melalui raker ini dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di Kelompok PAUD serta merencanakan program-program PAUD kedepannya untuk Kabupaten Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

Dra. Hj. Syahriati Lubis, selaku pengurus Forum PAUD Kabupaten Sergai, memaparkan, evaluasi dan kondisi perkembangan forum PAUD Sergai hingga saat ini, jumlah PAUD di Sergai, 499 kelompok yang terdiri dari Kelompok Bermain 193 kelompok, Satuan PAUD Sejenis (SPS) 63 kelompok, Taman Kanak-kanak (TK) 186 kelompok dan Taman Penitipan Anak 8 kelompok.

Untuk jumlah murid 3.772 orang terdiri dari Kelompok Bermain 2.943 orang, TK 784 orang dan SPS 45 orang. Pendidikan tenaga pendidik PAUD terdiri dari lulusan SD hingga S2 berjumlah 1.187 orang, dengan perincian lulusan yang terbanyak adalah SMA berjumlah 796 orang, disusul lulusan S1 369 orang. Untuk jumlah PAUD yang terakreditasi B dan C saat ini sejumlah 46 lembaga.

Sementara itu, jumlah tenga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang mengikuti pelatihan sebanyak 317 orang pada periode 2017-2018 serta 90 orang PTK yang telah mengikuti Pelatihan Akreditasi PAUD pada tahun 2016.

Diharapkan semakin banyak PTK yang mengikuti pelatihan agar kualitas pendidikan PAUD di Sergai semakin baik dan bermutu. Untuk kondisi fisik PAUD diminta dapat mencontoh kondisi dan strategi pengurus PAUD di Sleman yang hijau, nyaman dan rapi.

Melalui raker ini, diharapkan  tercapainya kondisi PAUD yang diharapkan sesuai 8 standar nasional pendidikan yakni, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar PTK, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan.

Untuk program kedepannya, Forum PAUD Sergai telah merencanakan kegiatan antara lain, supervisi dan evaluasi ke kelompok PAUD, pemberian bantuan makanan tambahan, kunjungan kerja ke PAUD percontohan, serta menggelar lomba kreatifitas guru PAUD.

Pada RPJMD Kabupaten Sergai, diharapkan angka partisipasi kasar (APK) tahun 2018 sebesar 86% dan meningkat menjadi 95% pada tahun 2021. Artinya, ditargetkan tidak ada lagi anak yang belum tersentuh pendidikan PAUD. Pada target persentase akreditasi PAUD (TK/RA/SPS) pada 2018 diangka 5%, akan ditingkatkan menjadi 6,5% pada 2021. Dengan demikian, pendidikan PTK telah sesuai standar nasional. 

 Penulis : Budi Lubis
Editor     : Redaksi
Komentar

Berita Terkini