Kabupaten Sergai, Gelar Lomba Cipta Menu Beragam dan Bergisi




Sergai, Global Terkini - Undang Undang No 18 Tahun 2012 tentang pangan, merupakan hal penting dan strategis dalam kelangsungan hidup manusia sehingga penyelenggaranya dijamin oleh Negara. 

Terkait hal itu, dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sejak awal telah  mensosialisasikan kepada masyarakat dengan slogan "Konsumsilah Pangan Yang Beragam,  Bergizi, Berimbang dan Aman". 

Kali ini, melalui kegiatan lomba cipta menu ini, diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan animo masyarakat, terkhusus ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman dengan berbasis sumber daya lokal. 

Hal itu dikatakan Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Hj. Marliah Soekirman dalam sambutannya disela acara lomba yang digelar di halaman Dinas Ketahanan Pangan, kompleks perumahan Bumi Sergai, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Gabungan Organisasi Paud dan TK Indonesia (GOPTKI), Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai, Hj.  Khairani Hadi Winarno, Asisten Ekbangsos, Ir. H. Kaharuddin, Staf Ahli Bupati, H. Nasrul Azis Siregar, Sekretaris Dinas Kominfo Sergai, Hj.  Syahriati Lubis serta para Kepala OPD Kabupaten Serdang Bedagai. 

Konsumsi pangan berkualitas, dapat di wujudkan apabila makanan yang di 
konsumsi sehari hari mengandung zat gizi lengkap, sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang berdasarkan cita rasa, daya cerna daya terima, serta daya beli masyarakat. 

Oleh karenanya, masyarakat dihimbau untuk konsumsi sumber karbonhidrat ysng kadang di abaikan dan semakin tergeser sejalan dengan perubahan pola hidup masyarakat. Disamping itu, konsumsi pangan sayur dan buah,  umbi umbian, pangan hewani serta kacang kacangan masih sangat rendah. Maka perlu di lakukan upaya untuk merubah pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Ujar ketua TP PKK Hj. Marliah Soekirman. 

Lanjut dia, kestabilan pangan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun merupakan tanggung jawab masyarakat bersama untuk selalu bisa menyajikan menu yang beragam yang di sajikan dalam menu sehari hari di keluarga. 

Masih disaat yang sama, Sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Labupaten Sergai, Aliuddin, SP.,MP menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi,  seimbang dan aman. Katanya. 

Selain itu, harus ada upaya untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumberdaya lokal serta meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman. 

Kegiatan tersebut di ikuti 17 Kecamatan Se Kabupaten Serdang Bedagai. Dan pengumuman hasil lomba di akhir acara, Kecamatan Tebing Syahbandar keluar sebagai pemenang pertama. Kemudian disusul Kecamatan Silinda, dan Kecamatan Pantai Cermin diposisi ketiga. 

Penulis : Budi Lubis
Editor    : Redaksi
Komentar

Berita Terkini