Sergai Dapat 42 Tenaga TNS Kementerian Kesehatan


Sergai, Global Terkini - Kehadiran Tim Nusantara Sehat (TNS) di Kabupaten Serdang Bedagai (Serdang), Provinsi Sumatera Utara, untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas), dari Kementerian Kesehatan, mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman. Kehadiran tim ini diharapkan bisa mewujudkan dan    meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Sergai, Soekirman, saat memberi kata sambutan dalam menyambut tim TNS, Senin 30 Juli 2018 kemarin di aula Sultan Serdang komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai. Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bulan Simanungkalit, beserta jajarannya dan Kepala dinas Kominfo, H. Ikhsan, AP.

Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, Mengucapkan terimakasih kepada dinas kesehatan yang telah bekerja semaksimal mungkin. Dengan di tugaskanya Tim Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Kabupaten Serdang Bedagai, diharapkan dapat mengabdi dengan baik dan membawa dampak baik bagi kesehatan masyarakat.

Beragam inovasi dalam bidang kesehatan telah di lakukan seperti, mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas), dengan meningkatkan upaya preventatif dan promotif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif. Kunjungan tim ini ke masyarakat, merupakan salah satu wujud nyata untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat. 

Program tersebut diharapkan efektip merubah pandangan masyarakat terhadap pentingnya kesehatan, karena kesehatan adalah segala-galanya. Dengan menerapkan pola hidup bersih dan membuang sampah serta peduli terhadap lingkungan, sasaran hidup sehat dapat diwujudkan.

TNS ini akan ditempatkan di Sergai selama 2 tahun untuk bertugas di beberapa kecamatan untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat, dengan harapan dapat memberi pelayanan kesehatan semaksimal mungkin kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, dr. Bulan Simanungkalit, menjelaskan bahwa, ada 42 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat yang tersebar di 10 kecamatan. Antara lain, Kecamatan Bandar Khalifah, Bintang Bayu, Dolok Masihul, Kotarih, Tebing Tinggi, Pegajahan, Silinda, Sipispis,  Tanjung Beringin, dan Tebing Syabandar. 

TNS ini terbagi sebagai tenaga Nutrisionis, 5 orang, dokter umum 8 orang, dokter gigi 8 orang, asisten apoteker 5 orang,  perawat 11 orang,  kesehatan lingkungan 4 orang dan selebihnya pranata laboratorium kesehatan. 

"Kehadiran kalian semua merupakan kebahagiaan bagi kami. Kabupaten Sergai memiliki motto 'menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Itulah yang saya harapkan dari kita semua yang baru hadir untuk bersama-sama  mensukseskan motto Kabupaten Sergai sebagai Tanah Bertuah Negeri Beradat" pungkas dr. Bulan Simanungkalit.

 Penulis  : Budi Lubis
Editor      : Redaksi
Komentar

Berita Terkini