Ribuan Warga Bone Pawai Hijriah Menyambut Tahun Baru Islam


Bone, Globalterkini.com - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1440 H / 2018 M, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bone menggelar pawai Hijriyah yang dipusatkan Lapangan Merdeka Watampone, Jl. Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Selasa, 11 September 2018.

Ribuan umat muslim mulai memadati pelataran Lapangan Merdeka Watampone sejak pukul 07.00 wita pagi tadi, dengan mengenakan busana muslim. Peserta pawai yang dipusatkan di Kota Watampone ini diikuti dari 10 Kecamatan.

"Peserta Pawai ini kurang lebih 10 ribu orang dari 10 Kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Barebbo, Ulaweng, Tanete Riattang Timur, Mare, Tanete Riattang Barat, Palakka, Cina, Bengo, Awangpone, dan Kecamatan Tanete Riattang," sebut Ketua Panitia Pelaksana, Adnan Nur Al Madany, S.PdI.

Ribuan peserta pawai ini bukan hanya santri dari semua tingkatan. Tetapi juga diikuti oleh ibu-ibu pengajian yang tergabung dalam BKMT serta persatuan orang tua santri. Mereka turut ambil bagian dalam Pawai menyambut 1 Muharram tahun ini. Gema Muharram BKPRMI Kabupaten Bone ini mengusung tema "Hijrah dan Berjihad pilihan terbaik".

Kegiatan pawai ini dilepas oleh Kapolres Bone, AKBP Muh Kadarislam Kasim, SH, SIK, M.Si, didampingi Ketua Umum DPD BKPRMI Bone, Muh. Amin, S.Ag, MM, Kabag Kesra Kemenag Bone, Ketua Mui Bone, A G KH Latif Amin, dan dikawal langsung Satuan Lalu Lintas Polres Bone. Rute yang dilalui, star dari lapangan Merdeka, jalan M.H Tamrin, menuju jalan Makmur, jalan Benteng, melalui jalan Besse Kajuara, jalan Andalas, dan kembali menuju lapangn Merdeka.

"Pawai ini juga dilaksanakan secara serentak diluar Kota Watampone, seperti, Kecamatan Kahu, SibuluE, Dua BoccoE, Lappariaja, Kajuara,  Ponre Bagian Barat, Ajangale, Lamuru, Salomekko, dan Kecamatan Libureng," kata Adnan Nur Almadany.

Dari pantauan media, usai kegiatan pawai ini dilanjutkan dengan kegiatan lomba mewarnai TK/RA/TKA/SD/MI kelas awal 1, 2, dan 3 dengan tema Suasan Ka'bah dan lomba menggambar bagi TPA/SD/ MI tema Hijrah dan Jihad pilihan terbaik.

"Jelang sore pukul 14.00 wita,  diadakan liga Futsal di Lapangan DIDI Futsal Jalan Ahmad Yani, dengan peserta U-10 sampai 12 dari TPA, SD, MI dan SSB. Dan malam harinya, akan digelar lomba kesenian," pungkas Adnan.

Penulis: Andi Trisna
Editor : Redaksi
Komentar

Berita Terkini