"Satu Data Sergai" Kini Dapat Diakses Masyarakat


Sei Rampah, Globalterkini - Seperti kita ketahui, data merupakan kumpulan informasi atau keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau pencarian sumber tertentu. Sebuah informasi yang akan diberikan atau diterima merupakan hasil dari pengolahan data. Pada era modern ini suatu data menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan, dan pada kenyataannya, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya informasi.   

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang (Sergai), H. Ikhsan, AP, M.Si saat mensosialisasikan Pengembangan Proyek Perubahan “Satu Data Sergai” dihadapan para Kepala Organisadi Perangkat Daerah (OPD), bertempat di Aula Bappeda Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Kamis 15 Nopember 2018 kemarin.

Menurut Ikhsan, teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Pemanfaatannya juga tidak hanya sebatas kebutuhan untuk berkomunikasi tetapi juga dapat menjadi alat bantu dalam banyak hal dengan penekanan pada efisiensi dan efektifitas. Berangkat dari latar belakang pentingnya data sebagai informasi, Dinas Kominfo Sergai membutuhkan suatu aplikasi/program yang dapat menyajikan data pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, sehingga dapat diakses seluruh masyarakat. Baik di dalam maupun luar negeri. Aplikasi tersebut dinamakan "Satu Data Sergai." Ungkap Ikhsan.

Lanjut disampaikan, bahwa tujuan dari pengembangan Satu Data Sergai adalah untuk mengembangkan aplikasi data pembangunan yang bersumber dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sergai serta menjadi rujukan data dan informasi yang akurat bagi masyarakat. Kemudian sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Sergai yang nantinya akan diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Katanya.

"Satu Data Sergai, merupakan sebuah aplikasi berbasis Web untuk penyajian data pembangunan satu pintu di Kabupaten Sergai serta dientry oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sergai. Oleh karenanya melalui proyek perubahan yang tengah dijalani oleh Kominfo ini, terciptalah inovasi berupa aplikasi Satu Data Sergai. Hal ini membawa perubahan bagi Kabupaten Sergai, mengingat Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Induk Deli Serdang, belum mempunyai sumber data dari satu pintu. Oleh sebab itu, Satu Data Sergai dirasa sangat penting sebagai solusi data satu pintu yang akurat" pungkas Ihksan
  
Penulis : Budi Lubis
Komentar

Berita Terkini