DPMD Bone Laksanakan Bimtek Bagi Para Kades


Bone, Globalterkini.Com - Kamis, 15 Nopember 2018, sekitar 54 Kepala Desa tampak hadir memadati salah satu ruang pertemuan di Hotel Novena, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Jeppee, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone. Kedatangan para Kades ini, untuk mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) yang di inisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bone. 

Sebagaimana diketahui, maraknya kasus - kasus penyelewengan Dana Desa (DD), yang menyeret para Kepala Desa sebagai pelaku korupsi, maka kegiatan seperti ini di anggap perlu untuk meminimalisir kasus penyalah gunaan anggaran. Bimtek tersebut menghadirkan unsur penegak hukum, yaitu Kepolisian dan Kejaksaan, dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bone, H. Ambo Dalle.

Dalam sambutan nya, Wakil Bupati, Ambo Dalle menghimbau para kepala desa agar hati-hati mengelola dana desa. Sebab tidak sedikit kepala desa yang berurusan dengan hukum, akibat salah memanfaatkan dana tersebut.

"Kendati demikian, masih banyak kepala desa yang mengelola dana ini dengan baik, sehingga mamfaatnya dapat dirasakan masyarakat" Kata Ambo Dalle.

"Agar pengelolaan ini semakin bagus dan tepat sasaran, mungkin lebih baik jika ada dari kalangan akademisi yang direkrut sebagai pendamping desa. Saya juga menghimbau pada para kepala desa, supaya tidak memberi uang dalam bentuk apa pun kepada tim audit inspektorat yang turun ke desa. Mereka itu sudah digaji dan ada dana operasional yang disiapkan kalau mereka turun ke desa-desa" Tambahnya.


Terpisah, Kepala bidang Bina Pemerintahan Desa, Andi Risnah, S.Sos yang ditemui diruang kerjanya untuk dikonfirmasi soal kegiatan Bimtek ini, justru menyodorkan kepada salah satu staf nya untuk memberi tanggapan terkait soal itu. Staf yang diduga adalah kepala seksi penataan dan administrasi pemerintahan desa, membenarkan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi bimbingan kepada para kepala desa, bagaimana mengelola anggaran sesuai petunjuk dan aturan pelaksanaannya. 

"Tujuan kegiatan ini, untuk meminimalisir terjadinya penyalah gunaan anggaran Dana Desa, sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini, banyak kepala desa yang terjerat kasus penyelewengan dana. Itu sebabnya kita libatkan kepolisian dan kejaksaan selaku Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4D). Kita berharap melalui kegiatan seperti ini, tingkat pelanggaran dalam pengelolaan Dana Desa, dapat di cegah dan bisa semakin bagus ke depannya, demi kesejahteraan masyarakat Desa " Ujarnya.

Sekedar di ketahui, Bimtek Pengawalan, Pendampingan, Pengelolaan Dana Desa Tahun 2018 Angkatan I ini, mengakomodir 54 Kepala Desa. Rencananya, Bimtek tersebut akan dilaksanakan selama enam kali hingga akhir Desember mendatang. Sekitar 300 lebih Kepala Desa, dipastikan ikut Bimtek dan selesai di Tahun 2018 ini. Ujar staf Bidang Bina Pemerintahan Desa, DPMD Kabupaten Bone.

Penulis : Nurhana
Komentar

Berita Terkini