Dinas TPHP Gelar Panen perdana buah dan sayur,Kadis A Asman : kecamatan Barebbo role model dan Desa Lampoko jadi desa rujukan kawasan P4S


KODEINDONESIA,BONE--Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone H. Andi Asman Sulaiman, S.Sos, MM melakukan panen perdana buah dan sayur penerima bantuan hibah konfetitif kluster Holtikultura program YESS Kabupaten Bone Tahun 2022 desa Lampoko kecamatan Barebbo
di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Wanua Lampoko, Rabu, 22 Maret 2023. 

Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone H Andi Asman Sulaiman SSos MM mengatakan Desa Lampoko Kecamatan Barebbo merupakan desa role model. Desa Lampoko menjadi desa rujukan kawasan P4S dan rumah rujukan yang dapat diperlihatkan kepada seluruh masyarakat Bone. 

Keberhasilan Desa Lampoko sebagai kampung Cluster Kampung Holtikultura menjadi jawaban bahwa Bone bisa menjadi salah satu daerah pemasok sayur dan buah. 

"Saya optimis Bone bisa jadi daerah penyangga sayur dan buah di Seluruh Kabupaten yang ada di Sulsel bahkan nasional," tandasnya. 
"Kita tidak perlu lagi ke pulau Jawa belajar budidaya Holtikultura disini saja  di dapat terjawab semua impian kita tentang ada sayurnya, buahnya, hewaninya dll," harapnya

potensi kita di Bone sangat besar sehingga tidak mustahil untuk diwujudkan, Bahkan pihak Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan sudah membangun sumber benih 70 unit green house sebagai tempat persemaian atau pembibitan. 

" Untuk Kecamatan Barebbo sudah dimulai dan itu terus berlanjut   kita sudah bisa panen perdana bersama," katanya"

Selain itu  juga canangkan di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Bontocani, Kahu, Ajangale dan Cenrana dan saat ini juga tengah dirintis Kampung Holtikultura di Kecamatan Bengo  tempatnya di Kompleks Yon Armed 21. Bengo nantinya menjadi miniatur 6 kecamatan. 

Diketahui Panen perdana pada Rumah Rujukan Agricultura Training Centers And Rusal Selfhelp turut dihadiri Danyon C pelopor Kompol Nur Ichsan S Sos MSi,Camat Barebbo Hj. Faridah Rusni, Kapolsek Iptu Siswanto, Danramil Kapten Eko, Perwakilan Polbantan Gowa drh. Sartika Juwita dan BPP Kecamatan Barebbo dan Penggerak PKK Kabupaten Bone***(ilo)
Komentar

Berita Terkini