Dinas TPHP Bone kembali Gagas Kampung Holtikultura di Patimpeng ,Kadis A Asman : Komitmen jaga ketersediaan pangan dan gizi serta intervensi laju inflasi


KODEINDONESIA BONE--Kampung hortikultura di Desa Paccing Kecamatan Patimpeng, digagas Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone sebagai bentuk komitmen mantan Camat Barebbo itu menjaga ketersediaan pangan dan gizi serta intervensi laju inflasi.

Secara khusus, Kadis Asman juga mengunjungi kampung hortikultura ini didampingi kades, Koordinator BPP, PPK, PPL, Ketua Kelompok tani dan Ketua Kelompok Wanita Tani serta Masyarakat sekitar, Sabtu 1 April 2023.


Diketahui, sudah ada beberapa kampung hortikultura yang dikembangkan Dinas Pertanian, diantaranya di Mappesangka, Ponre, Yon Armed Lappa Cenrana Bengo serta yang paling berkembang saat ini, Desa Lampoko Kecamatan Barebbo.

Kadis Asman mengatakan, di lokasi ini, beragam jenis tanaman sayur mayur dan buah dibudidayakan. Ada Terong, Tomat, Sawi, Kangkung, Kacang panjang, Timun, Tomat bahkan semangka dan pepaya.

"Alhamdulillah, memang target utama kita adalah bagaimana supaya desa-desa di Bone ini bisa mencontoh apa yang ada yang ada Lampoko. Kampung hortikultura menjadi upaya kami menjaga ketersediaan pangan dan gizi untuk masyarakat," kata Andi Asman.
Kakak kandung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman itu mengungkapkan, Kampung Hortikultura menjadi salah satu program prioritas Pemkab melalui yang dibangun dalam satu wilayah administratif desa.

“Untuk satu kampung buah dan sayur, luasan lahan yang diperlukan minimal adalah 1-5 hektare,” tutur Asman.

"Kami berharap Kampung Hortikultura ini betul-betul bisa dirasakan masyarakat luas, anak cucu generasi penerus. Utamanya kebutuhan pangan segar dan bergizi,” kuncinya***(ilo)
Komentar

Berita Terkini