Melalui Program YESS di Bone ,Kadis TPHP harap kaum disabilitas bisa menjadi petani sukses


KODEINDONESIA, BONE--Kadis Pertanian Kabupaten Bone, HA Asman Sulaiman melibatkan  kaum disabilitas untuk  aktif dalam program Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS).

Dalam pertemuan tersebut Andi Asman Sulaiman   menjelaskan, program YESS bertujuan menciptakan kesempatan bagi pemuda khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan ekonomi mereka melalui kewirausahaan atau pengembangan usaha di bidang pertanian

Kadis Pertanian, HA Asman Sulaiman juga meminta agar program ini diseriusi. Ia berharap Ketua Disabilitas Bone, Andi Takdir terus membimbing dan mendampingi anggotanya, agar program inklusi pertanian yang menyasar kaum disabilitas ini, bisa menjadi percontohan.

"Dan yang terpenting, kolaborasi dan kerjasama. Saya berharap melalui pelatihan ini, para kaum disabilitas bisa menjadi petani sukses. Yang penting saya mau tunggu hasil di akhir, karena saya maunya program ini berhasil," ucapnya.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian lanjut Andi Asman, terus mengajak para generasi muda, termasuk kaum disabilitas di perdesaan untuk meningkatkan pendapatan. Peningkatan kemampuan tersebut dilakukan melalui pelatihan dengan manfaatkan teknologi, alsintan (alat dan mesin pertanian), permagangan, akses permodalan hingga jejaring hingga jejaring pemasaran.

"Kita terus melakukan regenerasi petani untuk menghadirkan sumber daya manusia (SDM) pertanian terbaik guna mendukung  kebijakan pembangunan pertanian berbasis ketahanan pangan," pungkasnya.

Menurutnya lagi bahwa,ada dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS. “Pertama Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir”, tutup calon penerima Satyalancana Wira karya. "Dan semoga Penas 10 Juni mendatang menjadi kado spesial bagi saya pribadi," tambah kadis dengan segudang penghargaan nasional tersebut

Sementara Ketua Disabilitas kabupaten Bone A Takdir menyampaikan  terimakasih kepada kadis TPHP kabupaten Bone A Asman Sulaiman karna telah melibatkan kaum disabilitas dalam program yang baik ini

"Semoga program ini bisa berkesinambungan dengan harapan kami dapat memberikan hasil yang baik sehingga kaum disabilitas dapat meningkat kesejahteraannya"kata A Takdir

Diketahui Pogram inklusi pertanian 'Kita Bisa, Kita Berkarya' dalam Workshop pembuatan Kakedama digelar di BDSP P4S Wanua Lampoko, Senin 5 Juni 2023***(ilo)

Komentar

Berita Terkini