Libatkan Media ,KPU Dorong Ciptakan Kesadaran Pemilih

 
KODEINDONESIA,BONE--Puluhan Wartawan dari berbagai kumunitas hadiri Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 yang di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Novena Hotel pada Sabtu, 02 Desember 2023


Kegiatan berlangsung dan diresmikan oleh Komisioner KPU Bone Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat serta SDM, Abd Azis didampingi para komisioner lain

Turut hadir dalam acara ini Komisioner KPU Bone Divisi Teknis Penyelenggara Zainal, SSos, MSi, Komisioner KPU Bone Divisi Hukum dan Pengawasan Rusnaedi, serta Komisioner Bawaslu Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Rohzali Putra Badaruddin, SH.

Dengan sudah memasuki tahapan kampanye, kehadiran media menjadi sangat penting. "Persepsi publik tergantung dari informasi yang diberikan, dan media memiliki peran besar dalam mengontrol persepsi publik," ujar Abd Asis.

Pemilu memiliki tiga elemen utama: peserta, pemilih, dan penyelenggara. Dalam kontrol ketiganya, media memegang peran kunci sebagai ruang diskusi publik, kontrol, edukasi, dan pengawasan. "Hari ini, bagaimana pemilih tidak kehilangan akses untuk memilih, perlu ada pemberitaan," tambahnya.

Memilih adalah hak setiap warga negara, dan salah satu cara untuk memaksimalkan partisipasi adalah melalui pendidikan dan sosialisasi. Media, khususnya peran wartawan, diakui sebagai sarana efektif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Sebagai kontrol sosial terhadap penyelenggara, wartawan memiliki peran strategis dalam mengawasi kelancaran pemilu. "Wartawan memiliki banyak mata dan tanggung jawab sebagai pengawas sosial terhadap penyelenggara pemilu," ungkapnya.

Pada tanggal 11 Desember, KPU Bone akan memulai perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 5890 orang dengan persyaratan utama memiliki ijazah SMA. Meskipun wilayah perkotaan lebih mudah dijangkau, tantangan muncul di desa. Oleh karena itu, kehadiran media diharapkan dapat membantu menyampaikan informasi terkait seleksi tersebut ke masyarakat desa.

"Kehadiran dan sumbangsih media dalam mempublikasikan informasi seleksi diharapkan dapat membantu Kabupaten Bone untuk tidak lagi mengalami kekurangan personel dalam pemilu mendatang. Dengan pemberitaan maksimal, kebutuhan akan penyelenggara pemilu dapat terpenuhi," pungkas Abd Asis menjelang akhir acara.

Pada kesempatan ini, Bahtiar Parenrengi menjadi narasumber utama dengan membahas tema "Peran Informasi Media Dalam Menyukseskan Pemilu 2024". Parenrengi menjelaskan bagaimana media dapat menjadi alat efektif dalam memberikan informasi, edukasi, dan kontrol sosial terhadap penyelenggara pemilu***(ilo)
Komentar

Berita Terkini