PSDA Gelar Rapat Kerja Komisi Irigasi Bone, Rumuskan Perbaikan Jaringan Irigasi


KODEINDONESIA,BONE--- PSDA Kabupaten Bone melaksanakan Rapat Kerja Komisi Irigasi Kabupaten Bone di Hotel Novena Watampone, Kabupaten Bone, 10 Januari 2024.

Dalam rapat tersebut, kegiatan ini akan melakukan atau merumuskan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana pemeliharaan dan rehabilitasi pada daerah irigasi di Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, Sutamin, M.Si., sebagai Kepala Bidang Sumber Daya Air mengatakan Komisi Irigasi yang dibentuk oleh Bupati Bone dan Komisi Irigasi berfungsi untuk membantu dalam pengelolaan sumber daya air.
"Khususnya bidang kegiatan irigasi yang ada di Kabupaten Bone hari ini kita mencoba merumuskan agenda salah satu tugas yang dibebankan ke komisi irigasi untuk mempersiapkan pemeliharaan irigasi jadi hari ini membicarakan hal-hal yang terkait," kata Sutamin.


Dia menambahkan langkah-langkah bagaimana pemeliharaan irigasi yang di komando oleh kelembagaan irigasi dalam hal ini P3, GP3, IP3 yang ada di wilayah kerja masing-masing.

"Hari ini kita mencoba menganalisasi 20 daerah irigasi untuk pertama mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam mengelola irigasi dua bagaimana dapat mengakses permodalan mandiri oleh teman-teman P3A untuk menjaga aset pemerintah yang ada di wilayah kerjanya masing-masing," tambahnya.
"Hari ini kita coba mempermulasi bersama-sama bersatu padu antara masyarakat pemerintah daerah dengan teman-teman pemerhati pertanian dan pemerhati irigasi dalam mengkolaborasikan dalam satu kegiatan bersama bergerak secara mandiri sukarela dengan kegiatan-kegiatan padat karya,"tuturnya.
Kepala Dinas Sumber Daya Air menuturkan P3A ini salah satu cerminan bagaimana para petani berdayakan irigasi menjadikan irigasi itu menjadi motor penggerak untuk kemandirian kita.

"Rapat kerja dan komisi irigasi Kabupaten Bone yaitu dengan kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan pengelola irigasi kewenangan," tuturnya***(ilo)
Komentar

Berita Terkini