Pemkab Bone gelar ziarah makam raja Bone jelang peringatan HJB 694


KODEINDONESIA,BONE--Pemerintah Kabupaten Bone menggelar ziarah makam raja Bone dalam daerah wilayah Kabupaten Bone jelang peringatan HJB yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin, M.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone Kamis, 18 April 2024.

Ziarah makam tersebut merupakan agenda terakhir ziarah makam rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke- 694 Tahun 2024 setelah melaksanakan ziarah makam di luar wilayah Kabupaten Bone.

Pj. Bupati Bone bersama rombongan mengunjungi Lokasi pertama yaitu Situs ManurungE Ri Matajang disambut dengan teaterikal drama singkat, sesuai yang tercatat dalam sejarah munculnya Mangkau (Raja) Bone pertama Mata Silompoa ManurungE Ri Matajang.
Camat Tanete Riattang beserta jajaran mengemas aksi teaterikal awal mula masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa di redam hingga diminta menjadi Mangkau.
Ditempat kedua, Pj. Bupati Bone beserta rombongan menziarahi makam Raja Bone ke II La Ummasa Petta Panre Bessie, di Jl. Jend. Ahmad Yani Watampone.
Raja Bone ke II adalah pandai besi termasyhur di Bone pada masanya. selain itu Raja Bone ke II ini sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti : daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.
Di Lokasi ke III, Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone.
Sasaran ziarah makam keempat bertempat di Kompleks Pemakaman KalokkoE, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete riattang letak lokasi Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung.
PJ Bupati Bone Drs H A Islamuddin MH dalam wawancaranya mengatakan ziarah makam raja Bone
 hari ini salah satu kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Bone ke 694 yaitu siaran makam raja Bone yang ada dalam wilayah Kabupaten Bone yang sebelumnya juga sudah kita lakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadan yaitu ziarah makam raja Bone yang di luar Sulawesi Selatan termasuk yang di taman Makam pahlawan kalibata yaitu biasa kita kenal peta ponggawae  selanjutnya beberapa raja-raja 

 "ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan terima kasih dan rasa syukur kita  harus sadar bahwa kita tidak bisa  menikmati pembangunan di Kabupaten Bone ini seandainya tidak ada raja-raja ini yang telah mengorbankan seluruh buah pikiran seluruh tenaga untuk Bone"katanya

Ini tidak boleh dihentikan dan harus senantiasa dilakukan untuk mengingatkan kita bahwa ada orang-orang yang pernah berjasa kepada negeri ini "harapan nya

Diketahui beberapa tempat-tempat makam-makam raja Bone ini sudah kita dari revitalisasi sudah di perbaiki 
Dalam kesempatan tersebut PJ Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bone mengucapkan terima kasih yang sebesar-nya kepada bapak Kapolda Sulawesi Selatan karena beliau sebagai salah satu putra Bone   yang melakukan peresmian revitalisasi makam Aru palakka dan makam Karaeng Pattingalloang yang ada di Gowa yang dilakukan oleh bapak Irjen pol Rian Jayadi SBK
Komentar

Berita Terkini