UPT Bahasa IAIN Bone Gelar Perkambungan Bahasa Arab dan Moderasi Beragama


KODEINDONESIA, Watampone -- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIN Bone menggelar Perkampungan Bahasa dan Moderasi Beragama. Kegiatan akan berlangsung di Meeting Room UPT Bahasa selama lima hari, (22-26/5/2024)

Peserta kegiatan berjumlah 45 orang yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester 2. Hadir lima pemateri yakni Prof. Dr. Alimin H., M.Ag, KM. Muammar D., S.H., M.H, KM. Muhammad Basri A, S.H., M.H dan Andri Hasanuddin SQ., S.Sos.

Kepala UPT Bahasa Dr. KM. Muslihin Sultan, M.Ag menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi pijakan dasar mengenai bahasa arab kepada mahasiswa baru PBA.

"Karena belum semua mengenal dengan baik Bahasa arab. Tidak semua dari pesantren oleh karenanya perkampungan Bahasa berusaha meletakkan dasar," jelasnya memberi sambutan pembukaan, Rabu (22/5/2024)

Apalagi metode yang akan diterapkan pada perkampungan ini adalah Metode Mumtaz. Sebuah metode cepat dalam belajar bahasa arab dan membaca kitab kuning.

"Metode ini adalah metode cepat. Sudah banyak yang memakai atau menerapkan dan dari data itu menunjukkan data yang baik atau keefektifan," katanya.

Ia berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan disiplin agar dapat mendapatkan hasil maksimal.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rektor IAIN Bone Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag ia mengingatkan pentingnya serius mempelajari bahasa arab. "Minimal mencintainya dulu, mencintai bahasa arab kalua belum mampu menguasainya," ujarnya.

Rektor berseloroh kepada peserta bahwa jika tidak memiliki teman untuk berlatih berbicara dalam Bahasa arab bisa datang ke ruangannya.

Kegiatan kemudian dibuka secara resemi oleh Rektor dan ditutup dengan foto Bersama*(Humas IAIN Bone)
Komentar

Berita Terkini