Founder Tiram Group Apresiasi Produk Bone yang Kreatif ,Andi Amran Sulaeman : UMKM harus membangun ekosistem bisnis



KODEINDONESIA,BONE--- Founder Tiran Group Andi Amran Sulaiman(AAS) mendatangi pameran Informasi Pembangunan Budaya dan Kuliner momen Hari Jadi Bone ke-693 di Terminal Petta Ponggawae, Jl MT Haryono, Kota Watampone, Kamis 4 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Menteri Pertanian memuji produk lokal Bone yang kreatif yang di pamerkan disejumlah stand yang ada. 

Andi Amran Sulaiman menyebutkan para pelaku UMKM lokal Bone harus menyiapkan kemasan dan promosi yang baik agar semakin berkembang kedepan.

"Jadi memang UMKM itu perlu pembinaan dan pengembangan makanya acara seperti ini sangat memberikan dampak positif," 
kata putera kelahiran Bakunge  Kabupaten Bone ini kepada awak media .
Dia juga meminta pengembangan produk UMKM khas Bone seperti pakan ternak yang dikembangkan 
Dinas Peternakan untuk diperjualbelikan. Ia mengharapkan agar pakan kedepan terus dikembangkan untuk bersaing di pasar nasional hingga Internasional.  Di mana saat ini pakan masih dikuasai negara tertentu.

"Kita bangkitakan pengolahan pakan dari daerah. Karena kalau bisa dikembangkan itu
omsetnya bisa sampai miliaran," katanya. 

"saran saya kalau untuk  UMKM  harus membangun ekosistem bisnis ,  yaitu memguasai dari hulu ke hilir contoh    pakan ayam harus produksi dan di kelola sendiri" sebut Andi Amran

Mantan Menteri Pertanian RI itu mengatakan juga siap berinvestasi di Kabupaten Bone untuk pengembangan industri pangan jangung dari hulu hingga ke hilir. Di mana pemerintah menyiapkan mampu menyiapkan lahan.
Sementara itu Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi, menuturkan  pihaknya akan membantu investasi yang dilakukan Amran Sulaiman di kampung halamannya.

"Kita pastinya sangat bersyukur ada putera daerah yang berinvestasi di mana tidak mengutamakan keuntungan tetapi memikirkan semua mulai dari petani, pengusaha dan industeinya jalan terus, kita akan siapkan lahannya,  lokasinya di wilayah Ponre," kata Bupati Bone dua periode ini***(ilo)

Komentar

Berita Terkini