Bupati Bone menjadi inspektur upacara peringatan hari lahir Pancasila 2023

KODEINDONESIA,BONE--Pemerintah Daerah Kabupaten Bone menggelar kegiatan upacara peringatan hari lahir Pancasila di lapangan upacara kantor bupati Bone Jalan Ahmad Yani ,Kamis 1 Juni 2023.

Pada Kegiatan tersebut Bupati Bone Dr H A Fahsar M Padjalangi MSi selaku inspektur upacara membacakan pidato seragam bapak presiden republik Indonesia Ir Joko Widodo.

Dr H A Fahsar M Padjalangi MSi mengatakan, pancasila adalah segala sumber hukum menjadi jiwa bangsa dan negara.

Pancasila bisa mempersatukan bangsa yang merupakan negara kepulauan tapi menjadi satu kesatuan yang kuat karena ada idealisme Pancasila.

Itu harus dijaga dan dipertahankan dan berharap generasi-generasi selanjutnya harus bisa memaknai lebih dalam daripada Pancasila.

"Untuk itu kita harus selalu menghargai dan memperingati dalam bentuk upacara hari ini luar biasa peringatan karena kita melaksanakan dengan menggunakan pakaian adat kita teman-teman TNI yang merupakanbkekuatan untuk negara kita," katanya.

Bupati Bone menyampaikan melalui Kadis Kominfo bahwa Hari Lahir Pancasila atau Harlah Pancasila merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, peringatan ini memiliki makna penting, antara lain:

1. **Meneguhkan Komitmen**: Melalui upacara Harlah Pancasila, Pemkab Bone dapat menunjukkan dan meneguhkan komitmennya terhadap ideologi dan dasar negara, Pancasila. Ini mencakup penerapan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kebijakan dan program yang dijalankan.

2. **Refleksi dan Introspeksi**: Upacara ini memberikan kesempatan bagi Pemkab Bone untuk melakukan refleksi dan introspeksi terhadap implementasi Pancasila dalam tata kelola pemerintahan. Apakah kebijakan dan program yang telah dilaksanakan sejalan dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.

3. **Membangun Semangat Persatuan**: Harlah Pancasila dapat membangun semangat persatuan dan kesatuan di kalangan aparatur Pemkab Bone serta masyarakat secara umum. Pancasila sebagai pemersatu bangsa mampu mengingatkan kita bahwa meski berbeda-beda, kita tetap satu, "Bhinneka Tunggal Ika".

4. **Edukasi Masyarakat**: Pemkab Bone, sebagai salah satu instrumen pemerintah, memiliki peran penting dalam mendidik masyarakat. Melalui upacara Harlah Pancasila, Pemkab Bone bisa mengedukasi masyarakat tentang sejarah, makna, dan nilai-nilai Pancasila.

5. **Menghargai Perjuangan Pendahulu**: Melalui upacara ini, Pemkab Bone dan seluruh masyarakat dapat mengenang dan menghargai perjuangan para pendahulu yang telah berjuang untuk merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.
Disamping itu juga diharapkan kiranya momentum ini dapat menginspirasi masyarakat terkhusus generasi milenial untuk tetap konsisten dan berkomitmen dengan Pancasila.

Oleh karena itu, upacara Harlah Pancasila bukan sekadar peringatan tahunan, tetapi memiliki makna mendalam bagi Pemkab Bone dalam menjalankan roda pemerintahan dan melayani masyarakat.

Berikut daftar penerima pembagian bendera secara simbolis dari bapak bupati, ketua fkub selanjutnya ketua pengayoman sosial marga Tionghoa Indonesia, selanjutnya perwakilan camat, selanjutnya perwakilan Lurah dan perwakilan paskibraka. (*)
Komentar

Berita Terkini