Dinas TPHP kembangkanBudidaya Tanaman Cabai di Bengo,Bukti dongkrak sektor pertanian di kabupaten Bone


KODEINDONESIA, BONE—Melalui Kampung Hortikultura di Desa Allaporengnge, Kecamatan Bengo terus membuahkan hasil untuk kesejahteraan petani

Salah satunya, budidaya tanaman cabai yang sudah dinikmati petani yang panen di area tersebut.

A Asman Sulaiman menuturkan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone terus membangun ketahanan pangan di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone. Salah satunya budidaya tanaman cabai.

Apalagi kata dia, harga tanaman cabai bernilai tinggi dan tak pernah jatuh harganya. Bahkan kata dia, pngembangan Kampung Hortikultura dilakukan dengan cara modern.


“Kita tahu bersama cabai ini selalu bernilai tinggi dan kesukaan masyarakat, olehnya itu kita pilih salah satunya pengembangan budidaya cabai di Kampung Hortikultura,” kata Andi Asman Sulaiman ersama Wadanyon Armed 21 105 Tarik / Kawali Bone dan Perwira lainnya saat meninjau Kampung Hortikultura, Rabu (14/6/2023).

Hal itu dilakukan untuk mendongkrak sektor pertanian daerah, khususnya untuk kesejahteraan petani.

“Komitmen saya dari dulu adalah ketahanan pangan adalah wujud ketahanan Negara,” kata mantan Camat Barebbo Kabupaten Bone ini.

, Kadis TPHP Asman Sulaiman menuturkan di lahan sekitar 30 hektar (Ha) lahan Yon Armed juga dimanfaatkan untuk sentra tanaman sayur maupun komoditas pertanian lainnya

Untuk diketahui Kampung Hortikultura yang digagas Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Andi Asman Sulaiman berkolaborasi dengan Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin

Inovasi sistem pertanian terus digalakkan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone dibawah kendali Kadis TPHP, HA Asman Sulaiman.

Tahun ini, Kadis TPHP Bone, mencanangkan sistem tanam ratoon. Bahkan, sudah dicanangkan BPP Kecamatan Bengo sebagai kawasan rujukan atau percontohan sistem tanam tersebut.

contohnya tanam 1x panen 7x dalam setahun, artinya sistem ratoon di halaman BPP melalui benih varietas unggul***(ilo)
Komentar

Berita Terkini