Bupati Bone Serahkan paket bantuan Hibah kepada Kelompok Usaha bersama (Kube) Tahun 2023

KODEINDONESIA,BONE--Pemerintah Daerah Kabupaten Bone melalui dinas sosial, Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., didampingi Kepala Dinas Sosial Bone Drs. A. Mappangara, M.M.menyerahkan paket bantuan Hibah kepada Kelompok Usaha bersama (Kube) Tahun 2023.

Di Baruga La Teya Ri Duni, Kompleks Rujab Bupati Bone jalan Petta ponggawae Senin, 10 Juli 2023.

Sebanyak 52 kelompok penerima bantuan yang disalurkan secara simbolis oleh Bupati Bone bersama Kadis Sosial Bone berupa alat untuk usaha pertukangan, perbengkelan, pertanian, peternakan dan bantuan usaha penjahit.

Turut hadir Kepala Dinas Sosial Bone Drs. A. Mappangara, M.M serta jajaran dan beberapa Kepala Desa bersama Ketua KUBE, dan para pelaku usaha sebagai penerima bantuan.
Drs A Mappangara MM sejumlah kelompok penerima bantuan tersebut dengan syarat ber DTKS yaitu data terpadu kesejahteraan Sosial yang sudah dilatih oleh tenaga kerja.

 "Tenaga kerja kami fasilitasi dengan latihan dan mereka yang tergolong tidak mampu minimal 3 orang dalam satu kelompok dan yang khusus untuk yang ber DTKS   dari beberapa kelompok diantaranya kelompok penjahit , kelompok  pertukangan , perbengkelan, pertanian dan peternakan "

"Harapan penyerahan bantuan ini  semoga  bisa berjalan dengan lancar kemudian mudah-mudahan kami bisa lanjutkan lagi untuk tahun-tahun berikutnya "


"Mudah-mudahan di perubahan anggaran atau anggaran pokok 2024 mendatang ada penyaluran karena proposal yang masuk ini sebagai cadangan saat ini sudah ada 15 kelompok untuk tahun 2024 "


Setelah bantuan dibagikan  selanjutnya di lakukan monitoring satu kali dalam 3 bulan' untuk mengetahui bantuan tersebut berfungsi dengan baik dan jangan ada kelompok yang menyalahgunakan 

"Dari Rp1, 3 M, untuk 52 kelompok
masing masing KUBE mendapat Rp25 juta. Maka dari itu, agar bantuan ini tepat guna pihak Dinas Sosial akan melakukan monitoring untuk memastikan agar bantuan tersebut betul betul digunakan sebagaimana mestinya,"

Lebih jauh A Mappangara menyampaikan tujuan dari bantuan ini adalah menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat kita yang belum mempunyai pekerjaan

 "Tujuan kami adalah menurunkan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Bone serta membantu usaha-usaha kecil yang ada di desa-desa maupun yang ada di kota dapat secara maksimal di dalam melakukan kegiatan-kegiatannya"sebut PLT camat Lappariaja 

Bupati Bone Dr HA Fahsar M Padjalangi MSi mengatakan para penerima patut bersyukur karena tidak semua desa dapat karena anggaran terbatas. 

"Kalau ini efektif, tahun depan kita gelontorkan lagi. Ini merupakan terobosan baru Kadis Sosial baru. Sehingga Dinas Sosial tidak lagi mengurusi bantuan bencana namun juga membantu masyarakat kurang mampu untuk mengembangkan usahanya yang lain," katanya. 

Bantuan ini tidak semua kelompok diberikan. karena syaratnya harus dilakukan survei dan mendapatkan direkomendasikan oleh pemerintah desa. "Maka dari itu, dimanfaatkan dengan baik bantuan ini, dan jangan dijual," harapnya***(ilo)
Komentar

Berita Terkini