Musim El Nino,Kadis TPHP Andi Asman Sulaiman : terbukti tetap produktif mampu meningkatkan pendapatan petani di Bone

KODEINDONESIA BONE--"Alhamdulillah, Kami telah melakukan tanam perdana di musim El Nino di Desa Solo Kec.Dua Boccoe. Luas area pertanaman 2.600 Ha," 

Hal tersebut disampaikan oleh
Kadis TPHP Andi Asman Sulaiman saat menghadiri Tanam Perdana di Desa Solo di kecamatan Dua Boccoe kabupaten Bone,Rabu 18 Oktober 2023.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Kepala Desa Solo, Kepala Desa Sailong, Babinsa, Serda Michael, Koordinator BPP dan Penyuluh, Hasanuddin, tokoh masyarakat dan kelompok tani milenial Sipadecengi.

Andi Asman mengatakan, luas lahan tanaman padi di Solo mencapai 2.600 ha.area ini hanya mengandalkan pompanisasi dari sungai Walanae

Kadis TPHP Bone itu juga mengakui, bahwa di musim ini dibutuhkan strategi jitu untuk mitigasi dan adaptasi dalam menghadapi El Nino agar dampaknya tidak mengakibatkan gagal panen yang dapat berujung pada krisis pangan.

Bentuk mitigasi dan adaptasi menghadapi El Nino juga berbeda untuk pertanian di lahan kering dengan pertanian di lahan rawa.

Andi Asman juga menyebutkan, dalam waktu dekat ini akan digelar tanam perdana di Desa Sailong Kecamatan Dua Boccoe.

Andi Asman juga menyebutkan, pihaknya akan membagi kluster terkait penyangga pangan. "Kita juga akan kluster sawah mana yang irigasinya tidak pernah putus. Pada intinya, kami sangat optimis Bone tetap menjadi daerah andalan penopang pangan di Sulsel bahkan nasional," tegasnya.

Keberhasilan terbukti sejak menjadi Kadis TPHP Bone  diantaranya,  program pertanian terbilang sukses diterapkan di daerah ini. Mulai dari IP400 yang tahun ini ditarget luas lahannya mencapai 10 ribu hektar hingga kampung hortikultura yang terbukti mampu meningkatkan pendapatan petani di Bone***(ilo)

Komentar

Berita Terkini