Bupati Hadiri Pelantikan DPD IWO Serdang Bedagai



KODEINDONESIA.COM - Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), masa Bhakti 2018-2023 berlangsung sukses di Aula Sultan Serdang Kantor Bupati Sergai, Selasa (4/12) sekira pukul 10.00 WIB.

Di hadiri, Bupati Sergai Ir.H.Soekirman, Wakil Bupati Sergai H.Darma Wijaya, Kapolres Sergai diwakili Kasubag Humas, AKP. Nellyta Isma, Kajari Sergai Jabal Nur SH, Ketua Pengadilan Agama Sei Rampah Munir SH, Ketua DPW IWO Sumatera Utara, Mei Leandha, Ketua BM3 Sergai, Yunasril,SH,MKn, Ketua KONI Sergai, Siswanto, Ketua SPK Sergai, Ella Dira, Kepala BNNK Sergai, Adlin M.Tambunan, Ketua ASIRA Sergai, dr.M.Riski Ramadhan Hasibuan SH, Ormas, OKP, Organisasi Kewartawanan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sergai, Ir H.Soekirman dalam kata sambutannya menyampaikan, media berperan penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Oleh karenanya, media massa online kini telah menjadi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi di segala sektor kehidupan serta mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Hal ini menandakan bahwa masyarakat sudah semakin cerdas berwawasan dalam bermedia, ucap Bupati.

Begitupun dengan media online, media massa yang tersaji secara online, bisa diakses melalui internet, baik itu media tertulis maupun poto. Selain itu, video yang dimaksud tv dan radio, sehingga memudahkan masyarakat untuk mencari segala informasi diantaranya terkait dengan pemerintah, ujar Soekirman menambahkan.

Lebih lanjut Soekirman menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan DPD IWO Sergai, semoga keberadaan DPD IWO Sergai menjadi mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Sergai. Termasuk mampu memotivasi dalam peningkatan dan pengembangan media online yang merupakan garda terdepan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Diharapkan kepada para wartawan untuk dapat menaati peraturan dan kode etik jurnalistik, termasuk undang-undang ITE. Wartawan online yang tergabung di IWO harus menjadi wartawan professional.

Kedepannya, kerja jajaran pemerintahan semakin berat dalam melaksanakan tugas pembangunan menuju perubahan dearah yang lebih baik dan tentunya mengalami berbagai kendala. Untuk itu, wartawan online sebagai agen perubahan dan mitra pemerintahan dapat berperan aktif untuk meredam konflik yang kemungkinan timbul dan terus memberikan informasi akurat kepada masyarakat terkait publikasi yang kompeten terhadap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyrakatan, pungkas Bupati Soekirman.

Sebelumnya, Ketua DPD IWO Kabupaten Sergai, Zuhari menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras atas terselenggaranya acara pelantikan ini. Sebagaimana diketahui bahwa jabatan adalah amanah, yang merupakan kepercayaan dan kehormatan dan di sisi lainnya merupakan tugas dan pengabdian yang harus dilaksanakannya sebaik-baiknya. IWO merupakan wadah bagi rekan media online untuk berkumpul dan berbagi informasi antara satu dengan lainnya. Mempersatukan yang jauh dan merapatkan yang dekat. Sesuai dengan tema pada pelantikan hari ini “Tingkatkan Profesionalisme, perangi narkoba dan hoax.”, maka diharapkan seluruh wartawan online yang bergabung di IWO, dapat meningkatkan kualitas, kecerdasan dan kejelian dalam menerima dan menyajikan informasi, kata Zuhari.

Selanjutnya Ketua DPW Sumatera Utara, Mei Leandha mengungkapkan, kehadiran IWO sebagai organisasi wartawan online sangat penting. Sebab dinamika yang berkembang dalam dunia maya khususnya terakait pemberiataan di media online sangatlah tinggi. Sehinggah bagi para pemburu berita di Sumut, harus menjadi garda terdepan untuk memberantas berita-berita yang tidak dapat di pertanggung jawabkan. Jadi kehadiran IWO yang baru dilantik, diharapkan bisa membantu masyarakat di Kabupaten Sergai, khususnya untuk memberantas berita Hoax. Dan harus bisa menunjukan bahwa apa yang dilakukan dan dibangun melalui IWO merupakan sesuatu yang baik dan bermanfaat, papar Mei

Sementara itu, Dewan Etik DPD IWO Kabupaten Sergai, Dimas Tri Adji S.Kom, menambahkan, di zaman milinial, pada umumnya masyarakat membaca berita melalui handphone ketimbang membaca media cetak. “Untuk membuat orang suka membaca, wartawan harus membuat berita yang bisa dipahami oleh si pembaca. Maka Jadilah kita ibarat “sebilah Pisau” yang tajamnya untuk mengukir bukan buat menikam,” pungkas nya.

Komentar

Berita Terkini