Dinsos Validasi data warga penerima bantuan di Bone

KODEINDONESIA,BONE--Dinas Sosial (Dinsos) Bone menggelar silaturahmi dengan awak media ruang kerja kadis sosial jalan Andalas, Selasa 27 Desember 2022.

Dinsos merefleksi kinerja selama tahun 2022. Pertemuan dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bone, Andi Mappangara.

Mantan Camat Ajangale ini menyebutkan, total warga yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 596.700 jiwa.

"Ini yang selalu menjadi polemik. Karena dari 800 ribu lebih penduduk Bone, ternyata masih ada warga miskin yang belum terdata terima bantuan. Bahkan sebaliknya, ada warga yang tergolong mampu terdaftar penerima bantuan," katanya.

Plt Kepala BKPSDM Bone tersebut juga menyebutkan, data penerima BPNT tahun 2022 sebanyak 60.080 jiwa. Kemudian PKH, 34410 jiwa dan PBI JK, 320.078 jiwa.

"Perlu masyarakat semua ketahui, bahwa Dinsos tidak punya wewenang menentukan data siapa yang penerima bantuan. Yang menentukan kuota adalah kementerian sosial. Realita saat ini ada yang sangat miskin tidak mendapat bantuan," ucapnya.

Dinsos lanjut Mappangara, hanya mendorong data, yang memenuhi kriteria kemiskinan masuk penerima bantuan. Olehnya itu, Andi Mappangara punya target selama memimpin Dinsos, dia ingin data yang ada betul-betul valid.

"Kemudian untuk memastikan data ini valid,  kita  menempatkan satu orang per desa menjadi mitra dinsos untuk melihat itu," ucapnya.

Andi Mappangara juga menyebutkan target 2023. Bantuan untuk fakir miskin , 1500 jiwa, KUB, 32 kelompok, buruh tani tembakau, 641 jiwa, eks kusta, 526 jiwa
disabilitas, 50 jiwa serta bantuan 50 makanan dan 50 sandang.

Termasuk penanganan ODGJ. Andi Mappangara mengaku pihaknya akan menandatangani MoU dengan RSUD Dadi Makassar untuk penanganan ODGJ***(ilo)
Komentar

Berita Terkini