Manfaatkan hari libur kerja, Kadis TPHP Bone lakukan Tanam bersama program IP400

 

KODEINDONESIA,BONE-- Sistem tanam IP400 dalam meningkatkan produksi padi tahun ini merupakan program unggulan Dinas Tanaman Pangan,w Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone

Lahan seluas 275 hektare (ha) didaerah irigasi Dekko di desa Mapesangka Kecamatan Ponre  ditargetkan menjadi sasaran program Indeks Pertanaman (IP) 400.

 Program tersebut digulirkan dengan mengajak petani menanam dan memanen padi sebanyak empat kali dalam setahun di lahan yang sama.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtiikuktura Perkebunan  (TPHP) kabupaten Bone,HA.Asman Sulaeman , mengatakan program itu digulirkan dalam rangka peningkatan produksi padi. IP 400 menjadi salah satu sistem yang mampu meningkatkan produksi padi   meskipun lahan terbatas.

"Selama ini IP padi di Bone rata-rata dua hingga tiga kali tanam dan panen dalam setahun tergantung ketersediaan air untuk irigasi. Melalui program tersebut, proses tanam dan panen bakal ditingkatkan hingga empat kali dalam setahun." Jelasnya 

Andi Asman Sulaeman,menuturkan luas tanam untuk program IP 400 di Bone ditargetkan  hingga  ribuan ha dari 27 kecamatan  yang menjadi lahan sasaran "  Kali ini kita akan fokuskan dulu di 275  ha di desa Mappesangka tepat di dusun tekko daerah irigasi kecamatan Ponre " Ungkaonya. 

Dalam kesempatan tersebut Andi Asman  juga  menyampaikan soal strategi agar bisa tanam dan panen hingga empat kali dalam setahun, dengan melalui percepatan olah tanah, percematan tanam dan panen, serta pembibitan di luar sawah. 

“Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan semua peran serta petani dari produktivitas tanaman padi , penyulih serta yang lainnya untuk bisa mendukung program ip 400 kedepannya " Kata Asman.
Andi Asman,yang terjun langsung dan ikut menanam bersama petani   berharap agar melalui program IP 400 ini  hasil produksi pangan khususnya di kecamatan ponre akan meningkat dua kali lipat dari biasanya.

Andi Asman bahkan optimistis program itu bisa bergulir dan menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Bone  

“Kami mencoba mengusahakan berkontribusi peningkatan IP ini dan mencapai apa yang menjadi program Bone yakni mewujudkan Bone mandiri pangan

" Tentunya kita berharap agar hasilnya mampu menunjang kesejahteraan petani kedepannya " terangnya

Diketahui Kadis TPHP Bone dengan sapaan Petta Kadis itu menantang bagi petani  untuk ikuti  perlombaan   di desanya  dengan beberapa hadiah  menarik berupa uang tunai untuk memberi motivasi kepada petani. 

Jenis yang di lombakan di antaranya melakasanakan Mattaneng race sebanyak 2x 
Petak I juara 1.500 rb , juara 2 300 rb , juara 3 = 200 rb, juara 100 rb 
Petak II juara 1 = 400 rb sd juara juara 7 = 100 rb"  ***(ilo)
Komentar

Berita Terkini