Dua Putra terbaik Bone meraih Satyalencana Wira Karya Bidang Pertanian dari Presiden RI



KODEINDONESIA,Padang--Dua putra terbaik Bone meraih penghargaan   Satya Lencana dari Presiden Republik Indonesia di Ajang PENAS ke XVI di Kota Padang Kecamatan Sumatera Barat,10 Juni 2023

Dua Bone yang juga bersaudara tersebut adalah putra Alm Andi Sulaiman, yakni Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman meraih satya lencana atau tanda kehormatan dari presiden.

Penghargaan tersebut diserahkan pada pembukaan PENAS yang   disematkan Menteri Pertanian RI, Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MH
di panggung utama Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang, Sabtu 10 Juni 2023.

Kolaborasi kedua bersaudara tersebut terbukti kekompakannya dalam mensejahterakan petani melalui program Mandiri Benih dan IP400,  yang mampu menopang ketahanan pangan di Sulsel. Menjaga stabilitas pangan serta menjadikan Sulsel sebagai daerah penyangga beras di Indonesia.

Andi Asman mengaku bangga bisa meraih tanda kehormatan Presiden RI.
"Ini menjadi motivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi, lebih giat lagi dan tentunya inovasi bidang pertanian sangat penting," katanya.

Diketahui, Andi Asman meraih satya lencana presiden RI dalam inovasi layar hatiku.

Ia juga menegaskan untuk berkomitmen dengan bekerja lebih maksimal lagi, sehingga pencapaian  jauh lebih tinggi.

Apalagi didukung program IP 400 dan penggunaan benih unggul.

 Andi Asman kembali menyebutkan, program IP400 itu sudah jelas membuka lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan petani.
"Sehingga kita tadi sudah berkomitmen menjadikan lahan potensi program IP400 tembus 10.000 Ha," ujarnya.

Sementara Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat gelar malam ramah tamah bersama penyuluh dan KTNA, Jumat malam 9 Juni 2023 mengatakan, dengan diraihnya penghargaan tersebut tentu tidak lepas dari peran penyuluh dan KTNA.

"Meningkatnya produksi pertanian lanjutnya tak lepas dari program Mandiri Benih yang terbukti mampu mendongkrak produksi gabah dan beras di Sulsel," sebutnya.

Cerita Gubernur A Sudirman Sulaiman
di awal merintis benih mandiri, hingga  benih tersebut terbukti mampu mendongkrak produksi petani di Sulawesi Selatan

" Kita lakukan penangkaran dengan baik, sehingga jadilah benih Andalan Sulsel. Tahun lalu kenaikannya 250 ribu ton. , ini merupakan  usaha untuk pengabdian kepada rakyat," kuncinya.

Gubernur Sumatera Barat, dalam sambutannya mengatakan, komitmen mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan di dunia.

Menteri Pertanian, Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo mengatakan, momen PENAS merupakan momen yang ditunggu. "Tiga tahun lebih ditunda. Momentum penas ini menjadi momen menjadikan pertanian semakin kokoh. Karena kalau pertanian kokoh, bangsa ini juga kokoh," tutupnya.

Diketahui program IP400 itu sudah jelas membuka lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan petani di Bone

Mulai dari IP400 yang tahun ini ditarget luas lahannya mencapai 10 ribu hektare. Kemudian benih mandiri hingga kampung hortikultura yang terbukti mampu meningkatkan pendapatan petani di Bone***(ilo)
Komentar

Berita Terkini