Hadapi Musim Hujan, Kodim 1407/Bone Gelar Karya Bakti Cegah Banjir Dan Wabah Penyakit


KODEINDONESIA,BONE - Kodim 1407/Bone menggelar kegiatan Karya Bakti pembersihan sampah di seputaran pasar serta pembersihan saluran air dalam rangka menghadapi musim hujan dan menjaga Kesehatan lingkungan, bertempat di Pasar Palakka Bone, kelurahan Bulu Tempe, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Kamis(07/12/2023).

Kegiatan karya Bakti yang di selenggarakan ini yang merupakan implementasi Perintah dari Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dan pelaksanaanya selain di Kodim 1407/Bone juga digelar serentak di seluruh Kodim Se-Indonesia.

Kegiatan karya bakti di wilayah Kodim bone di hadiri Bapak Pj. Bupati Bone rs. H. A. Islamuddin, MH. bersama forkopimda Bone, begitu juga masyarakat sekitar pasar palakka ikut andil dalam kegiatan karya bakti, ini wujud nyata kita di bone senantiasa berkolaborasi dan besinergi untuk menghadirkan lingkungan yang bersih dan sehat, selain itu kita kembali menggelorakan semangat Gotong-royong. 
Dalam kesempatan tersebut Dandim 1407/Bone Letkol Inf Moch. Rizqi Hidayat Djohar menyampaikan tujuan karya bakti ini untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi serta mencegah terjadinya Bencana banjir dan bencana alam,  di mana jika kondisi lingkungan ada genangan air dan kotor dapat memicu timbulnya berbagai macam penyebab pernyakit, seperti Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Jenis nyamuk ini mudah berkembang biak digenangan air. 

"Kegiatan ini dilaksanakan, sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah dan menciptakan Lingkungan yang sehat. Karena memang saat ini sudah memasuki musim hujan, jadi dengan adanya pembersihan lingkungan berupa pemebersihan sampah dan saluran air, adalah salah satu upaya pencegahan agar saluran air tidak terhambat oleh tumpukan sampah" pungkas Letkol Rizqi.

Dalam kesempatan tersebut Dandim Bone menghimbau kepada masyarakat menjaga kebersihan pasar dengan membuang sampah di tempat yang telah di tentukan untuk menghindari genangan air, menguras bak air,  menutup secara rapat penampungan air dengan tujuan agar tidak menjadi tempat berkembang biakan penyebaran nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah," tegasnya. 

Selain menggelar kegiatan Karya Bakti kodim bone juga bersama instansi terkait menggelar sejumlah langkah antisipatif untuk menangkal Demam Berdarah Dengue (DBD), yaitu dengan melakukan pengasapan atau fogging di pemukiman warga dengan menyasar titik yang berpotensi munculnya wabah penyakit tersebut***(ilo)
Komentar

Berita Terkini