Menteri Pertanian RI Berikan Dukungan Langsung untuk Petani Bone Melalui Jambore Kemah Bakti Saka Taruna Bumi 2024




KODEINDONESIA,BONE--Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP, menyapa para peserta Jambore Petani Kemah Bakti Saka Taruna Bumi 2024 di Desa Kajaolaliddong, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone melalui Video Call pada Minggu, 28 April 2024.

Putra Kelahiran Bakunge Desa Mappesangka Kecamatan Ponre ini mengajak para petani untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Swasembada Pangan.

Menteri Amran Sulaiman menekankan bahwa saat ini pemerintah tengah berusaha memastikan kebutuhan para petani dapat terpenuhi. Hal ini terbukti dengan penambahan alokasi pupuk subsidi untuk petani sebesar Rp28 Triliun. Keputusan ini merupakan langkah signifikan untuk mendukung sektor pertanian, yang sebelumnya telah mengalami penurunan alokasi dalam empat tahun terakhir.

"Dengan adanya tambahan ini, kita telah berhasil meningkatkan alokasi pupuk subsidi secara signifikan, dari 4,7 juta ton menjadi 9,5 juta ton," ujar Menteri Amran Sulaiman.

Tidak hanya itu, pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk pompa air bagi petani sebesar Rp5,8 triliun serta optimalisasi lahan rawa sebesar Rp3 triliun. Langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat infrastruktur pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai swasembada pangan.

Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman, S.Sos., MM, mengajak para petani untuk bersyukur karena salah satu putra terbaik Bone, kembali mendapat amanah sebagai Menteri Pertanian. Kehadirannya di Kabinet pemerintahan Jokowi memberikan perubahan positif yang signifikan bagi para petani.

Dalam upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan petani, Menteri Pertanian telah menyalurkan berbagai program dan bantuan untuk Kabupaten Bone. Mulai dari bantuan tambahan pupuk bersubsidi, bantuan pompa air untuk sawah tadah hujan, hingga program lahan rawa dan pertanian modern.

Salah satu bentuk dukungan Menteri Pertanian adalah bantuan untuk mensukseskan pelaksanaan Jambore Petani Kemah Bakti Saka Taruna Bumi 2024. Kegiatan ini, yang dihadiri oleh kurang lebih 5.300 peserta, menjadi semarak berkat bantuan dari Menteri Pertanian dan partisipasi mitra kerja Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Bone.

Tidak hanya sekadar berkemah, para peserta juga mengikuti berbagai lomba olahraga tradisional seperti Lari Karung dan Lari Membawa Balon. Mereka juga memanfaatkan kesempatan ini untuk bersilaturahmi dan menyatukan persepsi dalam menghadapi masalah hama serta pemakaian pupuk yang tepat.

Dalam upaya mengembangkan sektor pertanian, para peserta juga berharap agar Jambore Petani Kemah Bakti Saka Taruna Bumi menjadi agenda tahunan yang dilakukan secara bergiliran setiap Hari Jadi Bone. Mereka menginginkan dilaksanakannya acara tanam perdana, panen perdana, lomba produksi panen, serta simulasi penanganan hama.

Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H. Andi Asman Sulaiman, S.Sos., MM, menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan kelompok yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan Jambore dengan tertib hingga selesai. Semangat petani Bone terus berkobar dengan dukungan penuh dari pemerintah dan mitra kerja yang peduli terhadap kemajuan pertanian di daerah ini. (*)
Komentar

Berita Terkini